Sedekah

Sedekah Subuh: Berapa Hari Sedekah Subuh Diberikan?

Bagi umat Muslim, memberi sedekah adalah penting. Sedekah itu banyak macamnya, termasuk sedekah subuh. Sedekah subuh adalah memberi harta di pagi hari, tepat setelah salat Subuh, kepada yang membutuhkan.

Memberi sedekah pada waktu pagi sangat disukai. Ada sebuah hadits yang mengatakan, di waktu tersebut Allah mengirim malaikat. Mereka akan mendoakan bagi siapa pun yang memberi dari hartanya di saat itu. Sebelum melakukannya, umat Islam harus membaca niat sedekah subuh.

Anjuran dari ulama, sedekah subuh sebaiknya dilakukan 40 hari berturut-turut. Namun, memberi sedekah subuh bisa juga dilakukan terus-menerus, tidak harus berhenti setelah 40 hari.

Pengertian Sedekah Subuh

Sedekah subuh adalah memberi bantuan orang yang butuh. Ini dilakukan pasca shalat subuh, sekitar satu jam setelah ibadah. Dalam Islam, ini adalah cara baik menyambut pagi dan berbagi dengan orang lain.

Definisi Sedekah Subuh

Bersedekah subuh adalah aksi memberi dari harta kita. Dilakukkan segera setelah shalat subuh. Ini adalah anjuran dari Rasulullah, seperti yang disebut dalam hadits.

Waktu Pelaksanaan Sedekah Subuh

Sedekah subuh dilakukan setelah subuh, sekitar satu jam kemudian. Ini masuk waktu yang sangat baik dan dianjurkan untuk bersedekah. Pada waktu itu ada doa khusus dari malaikat untuk orang-orang yang bersedekah.

Anjuran Melakukan Sedekah Subuh

Rasulullah SAW mengatakan pentingnya sedekah saat subuh. Dalam hadits, Beliau menceritakan tentang dua malaikat yang datang saat fajar. Salah satu malaikat berdoa untuk orang yang sedekah. Namun, yang lain berdoa agar orang bakhil dimusnahkan.

Baca Juga :   10 Rekomendasi Platform Sedekah Online Terpercaya

Hadits tentang Keutamaan Sedekah Subuh

Rasulullah SAW menegasikan nilai sedekah di waktu Subuh. “Sedekah Subuh adalah yang terbaik,” sabdanya.

Pahala Melakukan Sedekah di Waktu Subuh

Memberi sedekah di Subuh ada keutamaan khusus dari Allah SWT. Mereka yang bersedekah saat fajar akan mendapat doa dan keberkahan dari malaikat.

Manfaat Sedekah Subuh

Sedekah subuh sangat bermanfaat bagi umat Muslim. Selain membuat kita lebih dekat dengan Allah, sedekah subuh juga menghapus dosa dan kesalahan.

Menghapus Dosa dan Kesalahan

Di surah al-Baqarah ayat 271, disebutkan bahwa sedekah subuh bisa menghapus kesalahan-kesalahan kita. Dengan bersedekah pada waktu bersedekah, kita bisa memperoleh ampunan dan penebusan dosa.

Mendapat Doa Malaikat

Di waktu subuh, ketika kita bersedekah, malaikat akan turun dan mendoakan kita. Rasulullah SAW menyebutkan, “Tidaklah hamba Allah memasuki pagi hari, melainkan dengan turunnya dua malaikat. Satu di antara mereka berdoa untuk orang yang bersedekah.”

Mendapat Doa Rasulullah SAW

Menjadi orang yang bersedekah subuh juga akan membuat kita mendapat doa dari Rasulullah SAW. Beliau mendoakan, “Ya Allah, berikan berkah di pagi hari bagi umatku.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Hibban; shahih lighairihi)

Niat Sedekah Subuh 40 Hari

Kaum Muslim disarankan menyedekah setiap pagi selama 40 hari. Ada bacaan niat khusus yang harus dibaca sebelum menyedekah. Berikut ini adalah bacaan yang disebutkan:

“Nawaitut taqoruba ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu ‘alaihi wa sallama wa idkholas sururi ‘alal ikhwani wa daf’il balai ‘anhu wa ‘an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.”

Terjemahannya: Aku berniat menyedekah untuk dekat dengan Allah. Aku ingin menghindari kemarahan-Nya, neraka, dan membantu saudara kita. Saya juga ingin menolong yang lemah, mengikuti ajaran Nabi SAW. Aku ingin membawa kebahagiaan pada saudara dan menolak keburukan. Aku akan menggunakan rezeki yang Allah berikan dengan baik. Dan aku akan menolong untuk mengendalikan hawa nafsu dan setan.”

Baca Juga :   Mengapa Beriman Kepada Malaikat Allah Dapat Mendorong Kita Gemar Bersedekah

Doa Setelah Sedekah Subuh

Doa ini dianjurkan setelah selesai menyedekah di pagi hari:

“Rabbana taqabbal minna innaka antas sami’ul alim.”

Doa ini berarti: “Ya Tuhan kami, terimalah sedekah kami. Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

berapa hari sedekah subuh diberikan?

Sejumlah ulama menyarankan memberi sedekah subuh selama 40 hari. Ini adalah anjuran yang baik. Tetapi, kita bisa tetap memberi sedekah subuh setelah 40 hari berlalu.

sedekah subuh

Cara Melaksanakan Sedekah Subuh

Bagi seorang muslim, memberi sedekah setelah shalat subuh sangat baik. Ini terutama jadi ketika dia shalat di masjid. Kalau menemukan kotak amal, sebaiknya dia isi setelah berdoa subuh bersama.

Mentransfer ke Lembaga Sosial

Apabila shalat subuh dilakukan di rumah, memberi sedekah bisa dilakukan dengan cara lain. Setelah shalat, dia bisa mentransfer uang ke lembaga sosial. Salah satunya Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Memberi Makan Tetangga atau Orang yang Membutuhkan

Beberapa kali, kita temui situation unik. Misalnya, usai shalat subuh, kita ada di rumah. Pada saat itu, memberi makan kepada tetangga atau orang butuh di depan rumah bisa jadi amalan yang baik.

Waktu yang Dianjurkan untuk Sedekah Subuh

Sedekah Subuh dilakukan setelah shalat pagi hingga matahari terbit. Ini adalah waktu yang sangat diberkahi menurut Islam. Malaikat turun untuk berdoa bagi mereka yang memberi sedekah pada saat itu.

Waktu PelaksanaanKeterangan
Setelah Shalat SubuhSedekah subuh diutamakan dilakukan segera setelah melaksanakan shalat subuh, sebelum matahari terbit.
Hingga Matahari TerbitSedekah subuh dapat terus dilakukan sampai matahari terlihat muncul dari ufuk timur.

Melakukan sedekah pada waktu subuh memiliki manfaat yang besar. Ini adalah saat yang sangat istimewa menurut Allah. Maka, pahala dari amal baik pada saat itu menjadi dua kali lipat.

Baca Juga :   Sedekah Fakir Miskin Online Dengan Cara Mudah dan Aman

Tata Cara Sedekah Subuh

Setiap amal dalam Islam dimulai dengan niat tulus. Saat kita berencana memberi sedekah Subuh, niatkan untuk menyebar kebaikan saat pagi hari. Ingat, itu adalah cara untuk mempererat hubungan dengan Allah SWT.

Persiapan Materi Sedekah

Pilih uang atau barang untuk disedekahkan. Pastikan yang akan kita berikan adalah halal dan berasal dari sumber yang baik.

Penerima Sedekah

Pilih tujuan mustahak untuk sedekah subuh. Pilihlah dari mereka yang membutuhkan, seperti yatim piatu, dhuafa, atau lembaga amal yang terpercaya.

Waktu Pemberian Sedekah Subuh

Berikan sedekah subuh saat fajar menyingsing atau sesudah itu. Jangan sampai terlambat, berikan sebelum matahari muncul.

Doa Saat Memberikan Sedekah

Jangan lupa berdoa ketika sedekah subuh. Contoh doanya adalah, “Dengan nama Allah yang begitu maha pengasih. Kami memohon rahmat untuk Nabi Muhammad dan keluarganya. Paginya dipenuhi dengan kebaikan dan keselamatan. Ya Allah, bantu kami menolong sesama dan jauhkan kami dari pelaku durhaka.”

Keikhlasan dalam Bersedekah

Bersedekahlah dengan ikhlas. Sedekah yang datang dari hati yang tulus lebih disukai oleh Allah. Ingat, tujuan sedekah adalah mempererat ikatan dengan Allah dan saling membantu manusia.

Keistimewaan Sedekah Subuh

Sedekah subuh itu istimewa. Ketika kita bersedekah pagi-pagi, malaikat turun ke bumi. Mereka langsung mendoakan kita.

Bayangkan, kita memulai hari dengan memberi. Malaikat-malaikat pun berdoa untuk kita. Kita bisa merasakan berkahnya.

Keutamaan ini terjadi pada waktu yang khusus, yaitu saat fajar. Saat itu, matahari belum muncul. Itulah waktu yang sangat spesial menurut Allah.

Dalam Islam, kita diajarkan untuk memberi kapan saja bisa. Melakukan sedekah subuh seharusnya seneng buat kita. Kita bisa bantu orang lain dan bahagiakan Tuhan.

Keutamaan Bersedekah di Waktu Subuh

Di surah Al-Hadid ayat 18, Allah SWt mengatakan hal ini, “Orang-orang yang bersedekah, baik lelaki maupun wanita, dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, mereka akan mendapat bahagian dua kali ganda. Selain itu, mereka juga akan menerima pahala yang sangat mulia.”

Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Rasulullah SAW telah memberikan pengajaran ini, “Sedekah tidak membuat harta akan berkurang.” (dari riwayat Imam Muslim). Meski secara jelas tampak harta jadi lebih sedikit, kekurangan ini diganti dengan pahala di mata Allah.

Kesimpulan

Sedekah subuh membawa kebaikan pada pagi hari. Kita memberi pada saat yang indah dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Ini membuat hati kita penuh rasa bahagia.

Amalan baik, termasuk sedekah subuh, mencapai keridhaan Allah SWT. Dengan ikhlas bersedekah, kita dapat beroleh berkah yang banyak. Doa dan niat yang tulus saat bersedekah bisa membantu orang lain.

Kita harus manfaatkan waktu subuh untuk melakukan sedekah. Mari sebarkan cinta dengan memberi. Semoga Allah SWT selalu memberkahi setiap langkah kita.

Related Articles

Back to top button