Sedekah

Pelajari Lebih Lanjut Mengenai Hadits Tentang Sedekah

Kita Bersedekah – Pelajari Lebih Lanjut Mengenai Hadits Tentang Sedekah dan ajaran sedekah dalam Islam melalui berbagai hadits yang menggambarkan pentingnya memberikan sebagian dari harta kepada yang membutuhkan. Temukan keutamaan, hikmah, dan tuntunan praktis dalam memberikan sedekah sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.

Sedekah merupakan salah satu nilai mulia dalam ajaran Islam yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter umat Muslim.

Dalam praktiknya, sedekah bukan hanya sekadar memberikan sebagian dari harta kepada yang membutuhkan, tetapi juga merupakan bentuk pengabdian kepada Allah SWT serta wujud kepedulian terhadap sesama manusia.

Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi berbagai hadits tentang sedekah yang menjadi pedoman bagi umat Islam dalam melaksanakan amal ini.

Apa itu Sedekah?

Sedekah adalah salah satu praktek yang penting dalam agama Islam yang melibatkan memberikan sebagian dari harta atau rezeki kepada orang yang membutuhkan.

Tindakan ini tidak hanya dianggap sebagai kewajiban, tetapi juga sebagai bentuk ibadah dan kepedulian terhadap sesama manusia.

Sedekah bisa berupa pemberian uang, makanan, pakaian, atau bantuan lainnya kepada orang-orang yang membutuhkan, tanpa mengharapkan imbalan materi atau pujian dari penerima.

Dengan melakukan sedekah, umat Muslim meyakini bahwa mereka tidak hanya memperoleh berkah dan rahmat dari Allah SWT, tetapi juga membantu mengurangi penderitaan dan kesulitan yang dialami oleh sesama manusia.

Sedekah juga dianggap sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, serta sebagai cara untuk membersihkan dan menyucikan harta serta jiwa dari sifat-sifat negatif seperti keserakahan dan kekikiran.

Baca Juga : 3 Sedekah Paling Utama

Apa itu Hadits Tentang Sedekah?

Hadits tentang sedekah adalah riwayat atau catatan yang menyampaikan perkataan, perbuatan, atau ajaran Rasulullah Muhammad SAW yang berkaitan dengan praktek memberikan sebagian dari harta kepada yang membutuhkan.

Baca Juga :   5 Perbedaan Infak dan Sedekah dalam Pandangan Islam

Dalam hadits-hadits tersebut, Rasulullah memberikan pedoman, motivasi, dan penjelasan tentang pentingnya sedekah dalam kehidupan umat Islam.

Hadits tentang sedekah mencakup berbagai aspek, mulai dari keutamaan sedekah, cara yang dianjurkan untuk bersedekah, hingga dampak positif yang diperoleh oleh orang yang memberikan sedekah secara ikhlas.

Hadits tentang sedekah merupakan sumber inspirasi dan tuntunan bagi umat Islam dalam melaksanakan amal ini sebagai bagian dari ibadah dan kepedulian terhadap sesama.

Hadits Tentang Sedekah
Hadits Tentang Sedekah

Hadits Tentang Sedekah

  1. الصدقة تسُدُّ سبعين بابا من السوء”Sedekah menutup 70 pintu keburukan.” (HR. Thabrani)
  2. “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (HR. Ath-Thabrani)
  3. يا عائِشةَ اسْتَتِرِي من النَّارِ و لو بِشِقِّ تمرَةٍ ، فإنها تَسُدُّ من الجائِعِ مَسَدَّها من الشبعانِ”Wahai Aisyah, halangilah dirimu dari neraka, meskipun dengan sebiji kurma karena hal itu bisa menutupi orang lapar dari kelaparan.” (HR. Thabrani)
  4. “Barang siapa yang menginfakan kelebihan hartanya di jalan Allah Swt. maka Allah akan melipatgandakannya dengan tujuh ratus (kali lipat).
  5. ما مِن يَومٍ يُصْبِحُ العِبادُ فِيهِ، إلَّا مَلَكانِ يَنْزِلانِ، فيَقولُ أحَدُهُما: اللَّهُمَّ أعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، ويقولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا”Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya, lalu salah satunya berdoa;Ya Allah, berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya. Sedangkan yang satunya lagi berdoa; Ya Allah, berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari)
  6. “Sesungguhnya sedekah seseorang Islam itu memanjangkan umur dan mencegah daripada mati dalam keadaan konyol dan Allah Swt. pula menghapuskan dengan sedekah itu sikap sombong, takabur, dan membanggakan diri (dari pemberiannya)” (HR. Bukhari)
  7. الصدقة تطفئ غضب الرب وتدفع ميتة السوء”Sesungguhnya sedekah itu memadamkan murka Allah dan menolak mati jelek (su’ul khatimah).” (HR. Thabrani)
  8. “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi)
  9. مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا”Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, ‘Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak’. Malaikat yang lain berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah’.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  10. “Naungan orang beriman di hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Ahmad)
  11. “Wahai anak Adam, seandainya engkau berikan kelebihan dari hartamu, yang demikian itu lebih baik bagimu. Dan seandainya engkau kikir, yang demikian itu buruk bagimu.Menyimpan sekadar untuk keperluan tidaklah dicela, dan dahulukanlah orang yang menjadi tanggung jawabmu.” (HR. Muslim)
  12. “Ya Rasulullah, sedekah yang bagaimanakah yang paling besar pahalanya? Rasulullah saw. bersabda, ‘Bersedekah pada waktu sehat, takut miskin, dan sedang berangan-angan menjadi orang yang kaya’.”Janganlah kamu memperlambatnya sehingga maut tiba, lalu kamu berkata, ‘Harta untuk Si Fulan sekian, dan untuk Si Fulan sekian, padahal harta itu telah menjadi milik Si Fulan (ahli waris)’.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Baca Juga :   Hukum Sedekah di Hari Jumat Untuk Umat Muslim

Dalam Islam, sedekah merupakan salah satu ajaran yang memiliki nilai yang sangat penting. Melalui sedekah, umat Muslim diajarkan untuk menjadi lebih peduli terhadap sesama, bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, dan berinvestasi untuk kehidupan akhirat mereka.

Dengan mengamalkan ajaran tentang sedekah, umat Muslim diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang lebih berkeadilan, berempati, dan penuh kasih sayang.

Related Articles

Back to top button