Sedekah

Yuk Ketahui Keutamaan Sedekah Subuh untuk Keberkahan

Yuk Ketahui Keutamaan Sedekah Subuh untuk Keberkahan – Kita pasti tahu tentang sedekah subuh jika seorang Muslim. Ini adalah sebuah bentuk sedekah yang dikerjakan di waktu pagi. Ada banyak kebaikan yang datang dari memberi sedekah subuh. Keuntungannya sangat besar.

Apa itu Sedekah Subuh?

Sedekah subuh adalah pemberian saat fajar menjelang. Saat subuh ini dikenal sebagai waktu istimewa. Cara memberinya sama seperti sedekah biasa. Kita memberi kepada yang benar-benar memerlukan.

Sedekah berasal dari kata ‘ash-shadaqah’ dalam bahasa Arab. Artinya adalah pemberian secara sukarela. Tapi, bedanya, kita memberi tanpa ingin balasan dari manusia. Kita yakin Allah yang akan membalas kebaikan kita.

Perbedaan Sedekah, Infak, dan Zakat

Sedekah, infak, dan zakat punya ciri khas masing-masing. Sedekah adalah pemberian kita secara sukarela, tanpa batasan waktu dan jumlah. Infak adalah memberikan harta kita selain zakat.

Zakat adalah kewajiban bagi umat Islam. Dalam zakat, kita mengeluarkan sebagian harta sesuai ketentuan. Ini sudah diatur dan menjadi amal yang sangat dianjurkan.

Keutamaan Sedekah Subuh

Memberi sedekah pada pagi hari membuat kita didoakan oleh malaikat. Hadits mengatakan, “Setiap orang mendapat kunjungan dua malaikat saat subuh. Satu mendoakan kebaikan bagi yang bersedekah, yang lain berdoa untuk yang kikir.” (HR. Bukhari & Muslim)

Berikut adalah keutamaan sedekah subuh:

1. Mendapatkan Doa dari Malaikat

Sedekah subuh memiliki keutamaan luar biasa, salah satunya adalah mendapatkan doa dari malaikat. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda bahwa setiap pagi, dua malaikat turun dan salah satunya berdoa, “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang bersedekah,” sementara malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang menahan hartanya.”

Baca Juga :   Apa Itu Sedekah dan Kegunaannya

2. Membantu Terkabulnya Doa

Sedekah subuh juga memiliki keutamaan dalam membantu terkabulnya doa. Tindakan bersedekah di waktu subuh adalah bentuk ikhtiar dan tawakkal kepada Allah SWT. Dengan memberi sedekah, seseorang menunjukkan kebaikan hati dan ketulusan dalam beribadah, sehingga Allah lebih berkenan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan.

3. Menghapus Dosa

Salah satu keutamaan sedekah subuh adalah kemampuannya untuk menghapus dosa. Sedekah merupakan amal jariyah yang dapat membersihkan jiwa dari kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat. Dengan bersedekah, dosa-dosa kecil yang dilakukan di masa lalu bisa dihapuskan oleh Allah SWT, sehingga hati menjadi lebih bersih dan tenang.

4. Membersihkan Harta

Sedekah subuh juga berfungsi untuk membersihkan harta yang dimiliki. Dalam Islam, harta yang dimiliki oleh seseorang haruslah bersih dan halal. Dengan memberikan sebagian harta sebagai sedekah, seseorang menjaga hartanya dari berbagai bentuk ketidakberkahan dan memastikan bahwa harta yang dimiliki selalu dalam keadaan bersih.

5. Menjauhkan Diri dari Pintu Neraka

Keutamaan lain dari sedekah subuh adalah menjauhkan diri dari pintu neraka. Rasulullah SAW bersabda bahwa sedekah bisa menjadi perisai yang melindungi seseorang dari api neraka. Dengan rutin bersedekah di waktu subuh, seseorang tidak hanya mendapatkan pahala besar, tetapi juga perlindungan dari siksa neraka di akhirat kelak.

Dengan mengetahui berbagai keutamaan sedekah subuh ini, semoga kita semua semakin termotivasi untuk rutin melakukannya dan mendapatkan berbagai berkah serta pahala dari Allah SWT.

Ketentuan dan Batasan Waktu Sedekah Subuh

Setelah shalat subuh, kaum muslimin bisa memberi sedekah subuh. Ini dilakukan hingga matahari terbit. Waktu sedekah subuh di mulai setelah shalat dan berakhir saat fajar menjelang.

Ketika memberi sedekah subuh pada waktu itu, kita bisa mendapat banyak keberkahan. Kita dipersilakan dalam agama Islam. Jadi, ayo manfaatkan waktu ini untuk mendapat ridha Allah SWT.

Baca Juga :   Bentuk Sedekah yang Paling Baik: Bersedekah dengan Ikhlas

Cara Melaksanakan Sedekah Subuh

Ada beberapa cara mudah untuk berbuat sedekah subuh. Misalnya, kita bisa bersedekah setelah shalat berjamaah.

Sedekah di Masjid Setelah Shalat Berjamaah

Dilakukan setelah shalat subuh di masjid, bersedekah sangat dianjurkan. Setelah shalat berjamaah, mengisi kotak amal menjadikan kita lebih dekat pada keberkahan Allah.

Transfer ke Lembaga Sosial

Setelah shalat di rumah, kita bisa memindahkan uang sedekah melalui transfer. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan pilihan yang bagus. Cara ini efektif dan bermanfaat buat penerima sedekah.

Memberi Makan Kepada yang Membutuhkan

Dilakukan setelah shalat subuh di rumah, memberi makan orang yang membutuhkan disukai. Bisa diberikan pada tetangga yang kelihatan butuh. Ini termasuk bentuk sedekah subuh yang baik.

Manfaat Lain Sedekah Subuh

Tindakan sedekah subuh memberi banyak kebaikan selain yang sudah kita bahas sebelumnya. Terdapat manfaat tambahan yang luar biasa dari sedekah subuh. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Mendapat Doa Malaikat

Dua malaikat berdoa pada setiap pagi. Satu doa untuk orang yang bersedekah. Satu lagi untuk orang yang kikir. Hadis Bukhari dan Muslim menceritakan, “Setiap pagi, dua malaikat turun. Satu mendoakan yang bersedekah. Yang satu lagi untuk yang kikir.”

Mendapat Doa Rasulullah

Orang yang bersedekah subuh, pasti bangun pagi. Bangun sebelum fajar sangat dianjurkan, apalagi setelah sholat tahajud. Mendapatkan doa dari Rasulullah: “Ya Allah, berkahilah umatku pada pagi hari.” (HR. Abu Dawud, dll.)

Menghalau Kekikiran dan Kebakhilan

Sedekah subuh menghindarkan dari sikap kikir dan bakhil. Rasulullah menyatakan, “Sedekah tidak membuat harta berkurang.” Meskipun harta tampak berkurang, Allah menjamin balasannya. Pahala tersebut bahkan berkembang.

manfaat sedekah subuh

Anjuran Melakukan Sedekah Subuh

Bersedekah di pagi hari sangat bermanfaat. Rasulullah SAW bersabda memberi di waktu subuh adalah mulia. Apa yang kita berikan di pagi hari akan diserahkan kepada doa malaikat.

Sebagai umat Muslim, mengirim sedekah pada waktu subuh sangat penting. Ini menunjukkan amal baik dan meminta keberkahan dari Allah SWT. Kita harus belajar melakukan ini secara teratur.

Baca Juga :   Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri: Mudah dan Berkah

Bentuk-bentuk Sedekah Selain Materi

Sedekah itu lebih dari uang atau barang. Kita bisa sedekah dengan cara lain yang sangat berarti. Sebagai Muslim, kita tahu ada banyak cara untuk bersedekah.

Contohnya, kita bisa beri ilmu kepada yang butuh. Ajari anak-anak mengaji atau pelajari Islam lebih dalam. Ini jadi sedekah yang sangat berharga dan bermanfaat, tidak hanya untuk mereka tapi untuk kita juga.

Kita juga bisa bersedekah dengan perbuatan baik kepada orang lain. Membantu yang lagi kesulitan, menjenguk yang sakit, atau sekadar tersenyum ramah. Perbuatan ini membuat lingkungan jadi lebih baik.

Bentuk sedekah selain materi itu punya nilai luar biasa. Bukan cuma bantu orang lain, tapi juga dapat pahala buat diri kita. Semangatlu, cobalah perluas cara pandang tentang sedekah. Amalkan dalam segala bentuknya untuk mendatangkan keberkahan dari Allah SWT.

Keutamaan Sedekah Subuh

Sedekah subuh punya banyak keutamaan. Diantaranya, Allah memerintahkan malaikat untuk selalu mendoakannya. Uniknya, ini juga membuat doa kita lebih mudah dikabulkan.

Amalan memberi di waktu pagi juga menghapus dosa. Ini membuat harta kita diridhoi dan dilipatgandakan. Tak hanya itu, sedekah subuh juga menjadi kunci menuju surga.

Bukti keistimewaan amalan ini menunjukkan betapa Allah menyukai sedekah subuh. Maka, merenunginya membuat kita siap mengamalkannya. Sudah waktunya bagi umat Muslim untuk lebih rutin memberi di pagi hari.

Cara Mengamalkan Sedekah Subuh

Salah satu cara mengamalkan sedekah subuh adalah dengan membuat kotak amal. Gunakan kaleng atau botol kosong. Isilah kotak tersebut dengan sedekah setelah shalat Subuh. Jangan lupa untuk menambahkan hajat atau permintaan.

Tak perlu bersedekah banyak, yang utama adalah ikhlas dan konsisten.

Mengisi Kotak Amal di Masjid

Bagi yang shalat Subuh di masjid, bisa bersedekah dengan mengisi kotak amal. Masukkan sedekah ke kotak amal di masjid setelah ibadah. Lakukan ini dengan ikhlas dan konsistensi.

Niatkan bersedekah dengan tulus. Bersungguh-sungguhlah dalam berdoa. Jika kita ikhlas, doa kita pasti akan dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

Kesimpulan

Sedekah subuh itu istimewa karena ain dibaca oleh para malaikat. Permintaan kita mungkin dilunasi. Sumberi dosa bisa dibersihkan. Harta yang kita punya akan jadi berkah. Baik kita juga akan dilipatgandakan. Amalan ini membuka jalan ke surga.

Sebagai Muslim, kitalah disarankan untuk sedekah subuh. Itu adalah salah satu amalan yang disukai oleh Allah. Keutamaannya sangat banyak, mengapa tidak mencobanya?

Cara termudah untuk memulainya adalah dengan membuat kotak amal sendiri. Atau, kamu bisa memanfaatkan kotak amal di masjid. Lakukan ini setelah shalat Subuh selesai. Barang siapa yang melakukannnya, Di samping mendapat ridha Allah, juga akan mendapatkan keberkahan.

Related Articles

Back to top button